Biografi Anies Baswedan

Pada mulanya adalah ketertarikan dan keingintahuan. Saya tertarik dan ingin tahu lebih sosok Anies Baswedan. Lalu, kesempatan itu datang melalui pertukaran gagasan dengan seorang teman di Penerbit Zaman, Qamaruddin SF, dan Anies sendiri. Hasilnya adalah Melunasi Janji Kemerdekaan; Biografi Anies Baswedan.

Ini biografi resmi tokoh muda nan inspiratif itu. Ia banyak mendapatkan pengakuan berkat kiprah-kiprahnya di dunia akademik dan sosial. Namun, tokoh yang saat ini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2019 ini lebih senang dianggap sebagai pegiat ketimbang intelektual.

Sedari dini, Anies memang sudah menampakkan kecenderungannya untuk berkegiatan sosial dan mengajak teman-temannya untuk turun tangan mengatasi masalah-masalah yang ada di hadapan mereka.

Buku ini lahir dari proses penulisan dan riset selama hampir dua tahun, 2012-2014. Dalam buku ini saya berusaha menjabarkan lebih lanjut dua pertanyaan: bagaimana Anies dididik dan bagaimana Anies mendidik. Saya menulis esai khusus di balik penulisan buku ini di sini dan di sini.

Tak hanya mengulik kisah-kisah keberhasilan Anies, buku ini juga menceritakan proses-proses sulitnya, seperti saat ia kehilangan adik tercinta, mesti mengatur strategi demi mengindari ancaman pembunuhan dan teror; juga mengetengahkan kisah-kisah konyol dan lucu Anies Baswedan.

Diterbitkan Penerbit Zaman dan dibanderol Rp60.000, buku ini mendapatkan apreasiasi luas. Di beberapa Gramedia ditempatkan di rak rekomendasi.

Ingin mengetahui lebih dalam sosok Anies Baswedan? Sila simak lebih lanjut dalam buku ini.

Tabik,

Muhammad Husnil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *