Buku

Ketika Anies Baswedan Memimpin: Menggerakkan, Menginspirasi (2017)

Jejak kepemimpinan Anies Baswedan terbentang sejak masa kanak-kanak dan remaja. Lewat “Kelabang” Anies menggerakkan teman-temannya untuk berkumpul dan beraktivitas, terutama olahraga. Keluarga tentu saja menjadi persemaian pertama tumbuhnya benih-benih kepemimpinan.

Beragam aktivitas sejak duduk di bangku sekolah menengah hingga perguruan tinggi semakin mengasah kepemimpinan Anies. Persinggungannya dengan dunia luar saat masih di SMA menjadikan Anies sebagai warga dunia sejak belia. Menjadi pemimpin saat terjadi konflik mengajarkan Anies berdiplomasi, bernegosiasi dan berkompromi.

Gerakan Indonesia Mengajar yang digagas Anies saat menjadi rektor Universitas Paramadina telah menginspirasi anak muda Indonesia untuk peduli kepada saudara sebangsanya. Dari sini lahir gerakan-gerakan sosial lainnya.
Buku ini ditulis dari dekat dengan pengamatan mendalam, menguraikan kisah-kisah seputar rekam jejak gaya kepemimpinan Anies Baswedan.  Ketika Anies memimpin, semua tergerak, semua terinspirasi.

Melunasi Janji Kemerdekaan; Biografi Anies Rasyid Baswedan (2014)

Pada mulanya buku ini adalah tugas laporan akhir Kursus Jurnalisme Sastrawi dari Pantau, sebuah lembaga pelatihan penulisan dan jurnalisme yang diampu 2 wartawan kawakan: Mas Andreas Harsono dan Mas Budi Setiyono. Setelah riset, wawancara, dan diskusi selama 2 tahun, jadilah buku ini.

Tentu saja, saya seperti mendapatkan berkah bisa menulis buku ini. Siapa pula yang tak kenal Mas Anies Baswedan?

Dan, ya, ini buku pertama saya sekaligus buku biografi pertama Mas Anies Baswedan. Kenapa Mas Anies mau saya tulis? Benarkah ketika menjadi pegiat mahasiswa di UGM dia pernah diburu untuk dibunuh? Jalan apa saja yang telah dia tempuh sehingga dia menjadi sosok yang seperti sekarang ini? Sila baca buku ini.